Cara Mengatasi Unresponsive script Pada Mozilla Firefox




"Unresponsive Script"

Unresponsive Script adalah sebuah pemberitahuan (pesan) pada browser firefox yang menandakan bahwa firefox tidak secara responsive menangani script (spt javascript, vbscript, css dan lain-lain) yang aktif di sebuah situs yang sedang dikunjungi.

Ini biasanya sering terjadi pada situs jejaring sosial, seperti facebook, twitter , my space, reverbnation dan lain-lain yang kebanyakan dari situs tersebut memanfaatkan javascript sebagai aksi-aksi yang menangani keinginan pengguna internet. (aka: netter). Contoh misalnya facebook. Jika anda sedang online di facebook, tanpa JavaScript, maka Anda tidak akan dapat melihat pemberitahuan (notification) yang muncul secara otomatis, timeline kiriman (status) yang tidak berjalan otomatis di beranda, tidak bisa chat. dll. Begitu juga dengan twitter.

nah, apa yang menyebabkan Unresponsive Script itu terjadi?
Unresponsive Script terjadi disebabkan beberapa hal berikut :
•    RAM pada PC anda yang mungkin terlalu minim, Unresponsive sering terjadi pada PC dengan RAM dibawah 512 MB
•    Kecepatan Processor yang masih dikatakan terlalu lambat. (Misal : 800 MHz). Disarankan agar kecepatan processor anda diatas 1 GHz
•    Browser yang Anda pakai juga mempengaruhi kinerja script. Contoh. Mozilla Firefox dengan versi mulai dari 1.5 sampai dengan sekitarnya masih terlalu lambat untuk memperoses script-script yang berjalan di facebook.



•    Terlalu banyak program yang berjalan di background sistem komputer Anda. Perhatikan bahwa hal ini juga mempengaruhi kinerja browser untuk memperoses script. Disarankan agar tidak terlalu banyak memasang program di tray icon (sys tray), dan juga disarankan agar tidak menginstal terlalu banyak services yang tidak dipakai.
•    Terlalu banyak memasang sidebar. Desktop dengan banyak sidebar juga akan mempengaruhi hal ini terjadi.
•    Dan Lain-Lain Problem!

jika pesan Unresponsive ini muncul, Ada dua pilihan tombol: Stop Script dan Continue. Jika menekan Continue browser tetap saja lamban atau bahkan tidak memberi respon sama sekali. Jika menekan Stop Script akan menyebabkan bagian dari website yang tergantung pada script itu akan tidak berfungsi dengan semestinya, misalnya menu yang menggunakan java script, auto refresh atau update dari konten-konten streaming langsung (live).
Jika Continue diklik tetapi script tetap hang, akan terus muncul dialog error unresponsive script seandainya preset telah mencapai waktu maksimum jalannya script, yang default-nya 5 detik di Mozilla Firefox versi 1.5 dan 10 detik di browser Mozilla Firefox versi 2.

Untuk menghilangkan dialog error ini dan memperbaiki jalannya script yang memakan waktu eksekusi lama di Firefox, bisa diperpanjang waktu tunggu (waiting time) berlangsungnya script sebelum Mozilla mengeluarkan pesan peringatan. Nah, sekarang gimana cara mengatasinya ?baiklah, ikuti beberapa langkah di bawah ini :)



•    Jalankan browser Mozilla Firefox, 
•    di address bar-nya, ketik about:config
•    lalu tekan Enter.



•    akan muncul kotak dialog atau pesan peringatan seperti ini, (yang arti bebasnya kira-kira: Ini bisa membatalkan Garansi! Mengubah setting-setting ini bisa membahayakan stabilitas, keamanan dan performa aplikasi. Lanjutkan jika Anda yakin dengan apa yang Anda lakukan.)


•    klik I’ll be careful, I Promise!
•    carilah kalimat dom.max_script_run_time, bisa menggunakan Filter text box,

•    klik dua kali pada kalimat dom.max_script_run_time, dan ganti nilainya menjadi lebih tinggi (dalam hitungan detik) yang diinginkan. Ini adalah waktu tunggu Firefox sebelum munculnya pesan peringatan unresponsive script,
•    default-nya, nilainya adalah 5 sampai 10 detik. Bisa diubah menjadi 20 misalnya,
•    bisa juga nilainya di-set menjadi 0 (nol) agar browser terus menunggu, tanpa memberi peringatan ataupun kotak dialog.
•    Peringatan. Browser bisa saja menjadi tidak responsif dan tidak bisa digunakan saat sedang menunggu script dijalankan, sehingga nilainya jangan di-set terlalu tinggi agar ada kesempatan menghentikan script-script yang mengganggu dan kembali bisa menggunakan browser Mozilla Firefox.



•    Klik OK.
•    Restart Browser.


Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini

12 komentar

Tambah komentar

trims mas.. saya lagi cari-cari penyebab begituan dan ketemu blog ini
salam kenal aja.. http://blog-pns.blogspot.com

klu proc dc 3,0 ram 1gb tetep gitu apanya gan...

Maksunya proc dc 3,0 ram 1gb apanya sob.... :D

Thanks gan.
saran ente sangat membantu, dan mozila ane skrg gk macet2, walaupun lama nunggu loadingnya, tp yg penting gak macet.
makasih bnyk gan.
good tutor !!!

makasih banyak buat infonya gan,, sangat bermanfaat sekali...

http://goo.gl/Zc5vsG

trims mas... sangat bermanfaat...
salam kenal. http://chikahijab.com

Trims mas Bro. Segera saya coba.

terima kasih infonya! www.ultrabook.pw

(mungkin)
Prosessor Dual Core 3.0Ghz,
RAM 1 GB
(gapurpurwanto.blogspot.co.id)

* Komentar Yang Tidak Mengandung Unsur SARA
* Link Aktif Akan Langsung Dihapus

Terimakasih Atas Kunjunganya

Horas...